Keuangan Bulanan dengan Google Sheet (3)

Wednesday, December 28, 2016


[Sebelumnya: 2 Menginput Pengeluaran Kas] [Daftar Isi] [Selanjutnya: 4 Melihat Realisasi dan Sisa Anggaran Masing-Masing Akun]

3 Menginput Penerimaan Kas

Menginput penerimaan kas dilakukan pada bulan berjalan, dan langsung mempengarugi saldo akhir kas pada bulan tersebut. 

Penginputan penerimaan kas dilakukan pada sheet Penerimaan Kas.

3.1 Mengisi Penerimaan Kas untuk Akun Pendapatan Tertentu

Penginputan penerimaan kas dilakukan pada sheet Penerimaan Kas

3.1.1 Menginput Jumlah Penerimaan

Untuk menginput pennerimaan kas, tulis jumlah penerimaan kas (dengan angka) pada cell sesuai dengan tanggal dan suami/istri pada kolomnya dan nama akun penerimaan pada barisnya. Berikut ini contoh penerimaan Suami pada tanggal 1 dari Gaji Pokok.

3.1.2 Memberikan Catatan

Kadang kita perlu memberikan rincian pada jumlah penerimaan yang kita input, misalnya untuk penerimaan honor kita perlu menuliskan nama kegiatannya.


Untuk memberi catatan, klik kanan pada cell-nya lalu pilih Sisipkan Catatan.
Catatan dapat diisi secara bebas.

3.1.3 Mengatur Penyisihan

Penyisihan adalah uang yang kita sisihkan dari penerimaan, maksudnya, uang ini langsung dikeluarkan dari penerimaan kas pada saat kas itu diterima. Hal ini berguna untuk mencatat pengeluaran kas yang tidak akan kita catat saat melakukan pengeluaran kas. Dengan penyisihan kas ini, aplikasi akan otomatis mencatat pengeluaran kas saat kita menginput penerimaan. Artinya, uang yang sesungguhnya kita pegang akan lebih banyak dari pada uang yang tercatat pada aplikasi ini. Kelebihan uang itulah yang dapat digunakan untuk sesuatu yang tidak perlu dicatat, misalnya untuk sedekah, infaq, dsb.

Penyisihan ini terdapat dalam satu baris di sheet penerimaan kas, yaitu baris ke  4, dengan kolom G sebagai headernya.


 Secara default, besar penyisihan adalah 2,5% dari pendapatan. Anda dapat mengaturnya dengan cara menimpa rumus yang sudah ada dengan isian sesuai kebutuhan anda.


3.2 Mengisi Penerimaan Kas untuk Akun Di luar Pendapatan

Pada aplikasi ini, yang dimaksud penerimaan kas di luar pendapatan adalah penerimaan kas yang tidak termasuk dalam rencana/harapan penerimaan, yaitu terdiri dari:
  1. Pemberian dari Suami/Istri
  2. Mendapat Pinjaman (Utang)
  3. Piutang Dibayar
  4. Pengambilan Modal Investasi
  5. Ambil Tabungan
Akun-akun non pendapatan dapat terlihat di sheet Penerimaan Kasi pada cell A8 sampai B12.

3.2.1 Mendapatkan Kas dari Suami / Istri

Untuk mencatat perpindahan kas dari suami ke istri atau sebaliknya, pada aplikasi ini cara mencatatnya adalah dengan menginput penerimaan kas bagi penerima, pada akun "Pemberian dari Suami/Istri". Dengan menginputnya, aplikasi ini akan mencatat sendiri pengeluaran kas dari pemberi. Misalnya jika suami memberikan uang kas pada istri sebesar 1 juta, maka cara menginputnya adalah dengan mengisi penerimaan istri di akun "Pemberian dari Suami/Istri" sebesar 1 juta, sementara aplikasi akan mencatat pengeluaran kas suami untuk pemberian tersebut secara otomatis pada sheet pengeluaran kas di akun "Pindah Kas Suami/Istri".

3.2.2 Mendapat Pinjaman (Utang)

Mendapat pinjaman (Utang) berarti kita mendapatkan uang kas untuk kita kembalikan pada pemberi pinjaman di kemudian hari. Untuk mencatatnya, tulis pada akun "Mendapat Pinjaman (Utang)" sesuai dengan tanggalnya. Jangan lupa beri catatan (Klik kanan, sisipkan catatan).

3.2.3 Mendapat Kas dari Piutang yang Dibayar

Untuk menginput pendapatan kas dari piutang yang dibayar, isi pada akun "Piutang Dibayar", sesuai dengan tanggal dan penerima(Suami/Istri) nya, dan jangan lupa beri catatan. Cara penginputan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

3.2.4 Mendapat Kas dari Pengambilan Modal Investasi

Pengambilan Modal Investasi akan mengurangi saldo investasi, dan akan berpengaruh terus pada bulan-bulan berikutnya.

Pengambilan modal investasi ini harus dibedakan dengan keuntungan investasi. Sebagai contoh, misalkan kita berinvestasi bulan lalu sebesar 2 juta, dan bulan ini investasi itu berhenti (modal kita diambil) dan kita mendapatkan 2,2 juta, makan yang masuk pengambilan modal investasi bulan ini adalah 2 juta, sementara 2 ratus ribu nya masuk dalam keuntungan investasi. 

Untuk menginput pendapatan kas dari Pengambilan Modal Investasi, isi pada akun "Pengambilan Modal Investasi", sesuai dengan tanggal dan penerima(Suami/Istri) nya, dan jangan lupa beri catatan. Cara penginputan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

3.2.5 Mengambil Kas dari Tabungan

Jika kita mengambil kas dari tabungan, saldo yang ada di tabungan akan berkurang, semetara uang yang kita pegang akan bertambah. Aplikasi ini mencatat hal ini sebagai penerimaan kas, karena kita menerima kas dari tabungan yang kita ambil, sementara saldo tabungan akan berkurang secara otomatis.

Untuk menginput pendapatan kas dari Pengambilan Kas dari Tabungan, isi pada akun "Ambil Tabungan", sesuai dengan tanggal dan penerima(Suami/Istri) nya, dan jangan lupa beri catatan. Cara penginputan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

You Might Also Like

0 komentar